Mengenal Budaya Indonesia dari Pakaian Adat Betawi

Mengenal Budaya Indonesia dari Pakaian Adat Betawi

Mengenal Budaya Indonesia – Negara Indonesia yang terbentang dari sabang sampai meraoke memiliki banyak sekali keragaman suku, adat dan budaya Indonesia serta kebiasaan masyarat-masyarkatnya memacu pada slogan bangsa indonesia “Bhineka Tunggal Ika”.

Indonesia dengan negara kepulauannya memiliki banyak kebudayaan yang beraneka ragam. kebudayaan yang mempunyai wujud kebudayaan material dan non-material. Kebudayaan tersebut banyak di temukan di indonesia dari sabang sampai marauke di tiap-tiap daerah.

budaya indonesia pakaian adat betawi
Corak Budaya Indonesia di Pakaian Adat Betawi

 

Kebudayaan-kebudayaan tersebut seperti pakaian adat. Keberadaan pakaian adat sebagai wujud material kebudayaan yang mudah di jumpai pada daerah-daerah di indonesia.

Dan memiliki nilai penting di dalam sudut pandang sejarah, warisan serta kemajuan masyarakat di dalam sebuah fase peradaban tertentu. Nah, khusus pada artikel kali ini penulis akan mengulas salah satu budaya betawi, yaitu informasi mengenai seputar pakaian adat betawi.

Pakaian Adat Betawi

Menurut penggunaanya, pakaian adat betawi ada tiga macam, yakni pakaian keseharian, pakaian resmi dan pakaian baju pengantin. Dan ketiga macam pakaian adat betawi ini akan kami jelaskan sebagai berikut:

1. Pakaian Adat Keseharian Betawi (Pria)

Yang dimaksud dengan pakaian keseharian disini adalah baju yang umum dipakai oleh orang betawi dalam kesehariannya. terdiri dari :

a. Baju koko atau sadariah

Baju koko adat betawi yang biasa dikenakan bernama juga sadariah. Bentuknya mirip sekali dengan baju koko pada umumnya, hanya saja baju koko adat betawi ini berwarna polos.

b. Celana Batik

Celana batik yang dipakai oleh orang betawi adalah celana kolor batik yang panjang. Dengan warna tidak terlalu ramai, umumnya hanya berwarna putih, coklat, dan hitam.

c. Sorban/selendang

Adalah kain yang menyerupai selendang ditempatkan pada pundak/di kalungkan pada leher.

d. Kopya/Peci

Kopyah bisa juga disebut peci yang dikenakan pada umumnya berwarna hitam dan merah berbahan beludru yang menjadi ciri khas adat masyarakat betawi.

2. Pakaian Adat Keseharian Betawi (Wanita)

Sementara baju adat keseharian bagi wanita betawi, yang dipergunakan sehari-hari terdiri atas :

a. Pakaian kurung/dinamakan Baju kurung berlengan pendek.

Baju kurung yang digukanakan mempunyai lengan pendek, tak jarang ditambahkan saku pada bagian depannya dengan warna-warna yang mencolok.

b. Kain Sarung Batik

Kain sarung batik yang biasa dipakai di kepala para wanita betawi umumnya bercorak geometri dengan warna-warna yang cerah untuk dipadupadankan dengan baju kurung yang sedang dipakai.

c. Kerudung

Kerudung yang dikenakan wanita betawi yaitu selendang yang di pakai pada kepala para wanita betawi. Untuk warnanya biasanya diserasikan dengan baju kurung yang sedang/akan mereka kenakan.

3. Pakaian Resmi Adat Betawi (Bangsawan)

Pakaian bangsawan sebenarnya adalah pakaian resmi yang dulunya hanya dikenakan oleh para demang. Pada saat ini pakaian yang bernama baju ujung serong ini telah resmi digunakan sebagai pakaian PNS pemda DKI jakarta untuk dikenakan pada hari-hari tertentu.

Pakaian ujung serong hanya dikenakan oleh para bangsawan laki-laki, sementara untuk wanita digunakan varian pakaian yang sama dengan pakaian keseharian yakni baju kurung, kain batik, selendang, dan kerudung, dan dilengkapi dengan perhiasan emas mulai dari kalung, gelang, cincin dan giwang.

Artikel ini pertama kali dipublikasikan di https://bukubiruku.com/pakaian-adat-betawi/

Leave a Reply

Close Menu