Mengenal Apa itu Dapodik dan Tugasnya

Daftar isi: [Tampil]
Dalam dunia pendidikan kita mengenal istilah Dapodik. Apa itu Dapodik?

Nah, bagi Anda yang mencari informasi apa itu dapodik, disini kami akan menjelaskannya untuk Anda. Dapodik merupakan kependekan dari Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah. Dapodik merupakan suatu bagian dari program perencanaan pendidikan nasional yang sangat penting digunakan untuk mewujudkan pendidikan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.
Mengenal dapodik dalam sistem pendidikan di Indonesia
Mengenal dapodik dalam sistem pendidikan di Indonesia

Dapodik ibarat rencana pendidikan. Tanpa adanya perencanaan yang matang, tentu seluruh program pendidikan di Indonesia akan jauh dari tujuan yang dicanangkan. Untuk mendukung semua itu, karenanya ada aplikasi Dapodik. Pada kesempatan kali ini kita akan mengenal seperti apa sih aplikasi Dapodik yang sudah dicetuskan dan didedikasikan untuk dunia pendidikan?

Mengenal Apa Itu Dapodik Aplikasi Dalam Dunia Pendidikan 

Mengenal apa itu Dapodik
Setelah terjadinya perubahan dalam internal kementerian juga termasuk perubahan nama menjadi kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia di tahun 2012, Dapodik kemudian dilanjutkan dengan eksistensi oleh PDSP Kemdikbud RI.

Hal ini tentu kemudian menjadi suatu titik awal bagi berlangsungnya sistem reformasi pendataan data pokok peserta didik yang terus mengalami perkembangan sampai detik ini. Kini, dapodik sendiri sudah menjadi satu – satunya acuan data yang telah digunakan oleh Kemdikbud dalam masing – masing kebijakan baik yang ada kaitannya dengan biaya operasional sekolah atau BOS.

Nah, mengenai semua bantuan termasuk bantuan sarana dan prasarana sampai tunjangan – tunjangan guru serta kebijakan lainnya harus mengacu pada data yang telah dikirimkan oleh pihak operator dapodik ini.

Lantas, apa fungsi dapodik?

Dapodik merupakan satu – satunya acuan data yang telah digunakan oleh pihak Kemdikbud. Untuk itu, data pokok peserta didik ini memiliki peran yang sangat penting dan vital dengan berbagai macam fungsi.

Nah, setiap tahunnya fungsi dapodik akan terus menerus mengalami perkembangan terkait atas perubahan suatu kebijakan serta program yang dicanangkan oleh Kemdikbud. Kini, dapodik memiliki beberapa fungsi juga untuk:
  • Memberikan alokasi dana bantuan operasional sekolah sesuai dengan jumlah siswa pada suatu instansi atau sekolah terkait.
  • Memberikan alokasi kuota penerimaan tunjangan – tunjangan bagi guru yang sudah dikatakan telah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan.
  • Alokasi kuota penerima tunjangan – tunjangan untuk guru yang sudah memenuhi semua syarat yang ditetapkan
  • Alokasi bantuan sarana dan prasarana bagi sekolah dimana fasilitasnya masih belum memadai
  • Pengajuan serta upaya perbaikan data kelembagaan sekolah
  • Pengajuan dan VerVal (Verifikasi dan Validasi) data dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau NUPTK
  • Program pengajuan dan VerVal data bagi peserta didik (siswa) serta (NISN) nomor induk siswa nasional
  • Pengajuan sekaligus upaya Verval data yang berkaitan dengan satuan pendidikan serta (NPSN) Nomor Pokok Sekolah Nasional
  • Program pemetaan dan pemerataan guru
  • Monitoring serta evaluasi tentang berbagai macam kebijakan dan program – program yang sudah ditetapkan oleh Kemdikbud
  • Mempercepat dan membantu dalam upaya peningkatan efektivitas pelaporan yang sudah dilakukan dari sekolah menuju ke kementerian serta mengurangi adanya resiko penyimpangan atau resiko pelanggaran atas apa yang sudah ada sebelumnya. 

Mengenai bagaimana cara pengoperasian Dapodik sendiri cukup mudah. Langkah – langkahnya sebagai berikut :
  • Siapkan laptop Anda
  • Siapkan konektivitas internet Anda dan instalasi aplikasinya
  • Lanjutkan dengan melakukan upaya registrasi operator dan sekolah yang akan kita kerjakan dapodiknya
  • Isi data dapodik secara menyeluruh

Pastikan Anda teliti karena jumlah instrument datanya banyakMungkin bagi Anda yang baru pertama kali terjun di dunia pendidikan atau guru baru dan masih ingin mengenal apa itu dapodik, semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi infomasi yang inspiratif.

No comments

Powered by Blogger.